Jumat, 23 Agustus 2013

MENGENAL PRAMUKA

Tak sekedar melakukan aktivitas bergembira, seorang pramuka dilatih untuk menjadi pribadi berkarakter dan tangguh, kreatif dan tentunya cinta tanah air. Keanggotaan pramuka pun di dapatkan secara bertahap, mulai dari Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega.

Pramuka Siaga dan Penggalang
            Pramuka siaga adalah sebutan bagi anggota pramuka yang berusia 7- 10 tahun. Kode kehormatan Siaga merupakan serangkaian ketentuan dasar yang harus dilaksanakan setiap anggota dalam berperilaku sehari- hari. Kode kehormatannya ada 2, yaitu Dwisatya dan Dwidarma.
            Kecakapan pramuka terdiri atas kecakapan umum, kecakapan khusus, dan pramuka garuda. Kecakapan umum ditempuh ditempuh dengan SKU (Syarat Kecakapan Umum) yang terdiri dari 3 tingkat, yaitu, siaga mula, siaga tata, dan siaga bantu. Setelah menjadi siaga batu baru dapat menjadi penggalang.
            Pramuka penggalang berusia 11- 15 tahun. Berdasarkan kecakapan umum pramuka penggalang terdiri atas beberapa tingkatan yaitu penggalang ramu, rakit, terap, dan garuda. Penggalang memiliki SKU dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus) yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kenaikan tingkat / TKU (Tanda Kecakapan Umum) dan TKK (Tanda Kecakapan Khusus).

Penegak
            Pramuka penegak sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka yang berusia 16- 20 tahun. Sebelum dilantik menjadi pramuka penegak, seorang calon pramuka penegak melewati masa yang dinamakan “tamu ambalan” selama sedikitnya 1 bulan. Selama menjadi tamu ambalan, calon penegak dapat mengikuti acara- acara tertentu dalam ambalan, setelah itu baru dilantik dalam upacara penerimaan tamu ambalan.

Pandega
            pramuka pandega adalah naggota gerakan pramuka yang berusia 21- 25 tahun. Pandega artinya pemuka atau ahli. Hal ini mengandung filosofi berdasarkan romantisme perjuangan Republik Indonesia, yaitu setelah masa menegakkan, dilanjutkan dengan masa memandegani pelaksanaan pembangunan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
            Pramuka pandega dihimpun dalam satuan yang dinamakan Racana. 1 Racana beranggota 10- 30 orang pramuka pandega. Kemudian racana dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang dinakan Reka. Racana dipimpin oleh seorang Pradana.


Sabtu, 2008

“Jadi anggota gerakan pramuka itu harus kuat! Jangan lembek! Jangan manja! Jangan takut panas! Jangan takut gelap! Jangan takut kotor! Berani dong!” tegas kakak Pembina. Panas membara sang mentari yang jaraknya sejengkal, memanggang para anggota gerakan pramuka siaga. “ka, ada yang pingsan!” teriak salah satu anggota. Keluh kesah, bagaikan santapan sehari- hari, tetapi itu tak mengurangi jiwa disiplin kami. Berbagai peraturan kepramukaan tetap kami hargai dan hormati dengan segenap jiwa kepatuhan kami.

Tri Satya
Demi kehormatanku aku akan bersungguh- sungguh:
1.      Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menjalankan           Pancasila.
2.      Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.
3.      Menepati dasa dahrma.

Dasa Dharma Pramuka
Pramuka itu:
1.      Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.      Cinta Alam dan kasih sayang sesame manusia
3.      Patriot yang sopan dan ksatria
4.      Patuh dan suka bermusyawarah
5.      Rela menolong dan tabah
6.      Rajin, terampil, dan bergembira
7.      Hemat, cerdas dan bersahaja
8.      Disiplin, berani dan setia
9.      Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
10.  Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Pelantikan berlangsung dengan hidmat. Semua anggota gerakan pramuka siaga bantu berhasil mendapatkan gelar barus sesuai tingkatannya, yaitu penggalang ramu. Symbol/ tanda kehormatan kami letakkan di lengan baju pramuka. Dan tetap kami gunakan hingga tingkatan selanjutnya. Terima kasih.
ALINKA, Jkt, 24/08/13’

2 komentar:

  1. Bagus juga, membuat gw bernostalgia dengan pikiran semasa Sekolah Dasar. Dan entah kenapa sampai sekarang gw belom hafal Dasa Dharma Pramuka hahah.

    BalasHapus
  2. Terima kasih. Hahaha emang udah berapa lama kenal pramuka, fi? sampai hari ini bisa belum hafal dasa dharma.

    BalasHapus

tolong tinggalkan sepatah kata yah, terima kasih:)